Saturday, August 7, 2010

HIKMAH DISYARIATKAN ZAKAT



Ditengah-tengah berbagai krisis yang sedang melanda umat kita sekarang ini telah menjadi bukti bahawa syariat islam itu adalah benar dan sesuai untuk menyelesaikan masalah umat. Salah satunya adalah dengan kewajipan zakat, infak dan sadaqah (ZIS).

Zakat adalah ibadah maaliyah ijtima'iyah yang memiliki yang sangat penting, dalam membina pembangunan ummat. Sebagai suatu ibadah pokok, zakat termasuk salah satu rukun Islam yang lima, seperti diungkapkan hadits nabi (Mus'id As-Sa'dani Al Arba'in An-Nawawiyyah, 1994), yang merupakan menjadi sebahagian rukun keislaman seseorang.
zakat dapat mewujudkan individu yang mendapat kebahagiaan (QS. 23:4), mewujudkan

seorang yang akan mendapatkan rahmat dan pertolonganNya (QS.9: 71 dan QS. 22: 40-41). Juga sebagai orang yang mengambil berat hak fakir miskin dan para mustahik (orang yang berhak mendapatkan zakat) (QS. 9:60), serta dipandang sebagai orang yang membersihkan, menyuburkan dan mengembangkan hartanya serta mencuci jiwanya (QS. 9:103 dan QS. 30:39).

Sebaliknya Al Qur'an dan hadits Nabi memberi amaran keras bagi orang yang engkar menunaikan zakat

Disamping zakat, islam juga turut mementingkan infaq dan sadaqah, kedua-duanya merupakan sebagian dari keimanan seseorang. Dalam al-Quran Allah berfirman bahawa infaq dan sadaqah itu merupakan ciri utama orang yang benar keimanannya (QS. 8: 3-4), cirri-ciri utama orang yang bertaqwa (QS. 2: 3 dan QS. 9: 134), cirri-ciri mu'min yang mengharapkan balasan yang abadi dari Allah SWT (QS. 35: 29).

Atas dasar itu, infaq dan sadaqah sangat dianjurkan dalam segala keadaan, dan sesuai dengan kemampuan (Qs 3: 134). Jika seseorang yang enggan berinfaq, maka dia seperti meletakkan dirinya dalam kebinasaan (QS. 2: 195). Infaq dan sadaqah tidak ditentukan jumlahnya (besar, kecil, banyak atau sedikit) tidak ditentukan pula sasaran penggunannya, ia adalah untuk semua kebaikan yang diperintahkan dalam ajaran Islam (QS. 2:213).

Kewajiban zakat dan dorongan untuk terus menerus berinfaq dan bersadaqah adalah mutlak dan tegas, ini karana di dalam ibadah ini terkandung berbagai hikmah dan manfaat yang besar, mulia, baik, bagi muzakki (orang yang harus berzakat), mustahik mahupun masyarakat keseluruhan, antara lain tersimpul sebagai berikut :

Pertama, Sebagai tanda beriman kepada Allah SWT, mensyukuri nikmat-Nya, mewujudkan akhlak mulia dengan memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi, menghilangkan sifat kikir dan rakus, melahirkan ketenangan hidup, sekaligus mengembangkan harta yang dimiliki.

Kedua adalah Menolong, membantu dan membina kaum dhuafa (orang yang lemah secara ekonomi) maupun mustahik lainnya kearah kehidupannnya yang lebih baik dan lebih sejahtera, sehingga mereka dapat memenuhi keperluan hidupnya dengan secukupnya, dapat beribadah kepada Allah SWT, terhindar dari bahaya kekufuran, sekaligus memeberantas sifat iri hati, dengki dan hasad yang mungkin timbul ketika mereka (orang-orang fakir miskin) melihat orang kaya yang berkecukupan hidupnya tidak memperdulikan mereka.

Ketiga adalah Sebagai sumber dana bagi pembangunan, untuk prasarana yang diperlukan oleh ummat Islam, seperti tuntutan ibadah, pendidikan, kesihatan, sosial dan
ekonomi, sekaligus keperluan pengembangan kualiti modal insan muslim.

Keempat adalah, Untuk mewujudkan keseimbangan dalam pemilikan dan pembahagian harta, sehingga melahirkan masyarakat marhammah diatas prinsip ukhuwah Islamiyyah dan takaful ijtima'i.
Kelima, Menyebarkan dan membudayakan etika perniagaan yang baik dan benar.

Oleh Ustadz : DR. Didin Hafidudin, MSc Ketua Dewan Syariah LAZ YAUMIL

No comments: